DATABASE : Perbedaan Type Data VARCHAR dan TEXT

type data

Wilujeng sumping di lapakna urang sunda. :) kali ini ane mau bercerita sedikit tentang type data dalam database gan, ane nggak berniat mengajarkan.. Santai aja! Ane cuma mau bercerita tentang yang ane dengar di kelas pada hari selasa minggu lalu..

Jadi disini, sebenarnya ane cuma mau menjelaskan perbedaan type data VARCHAR dan TEXT dalam data base, kalo lagi di kelas, ane sering dapet pertanyaan kek gini : "Sep maneh type data na naon? Text atau varchar?". Penggunaan type data sebenarnya bebas tergantung kebutuhan, tapi tetap pengetahuan harus jadi pedoman Gan.. Siapapun yang membuat aplikasi, pasti ingin aplikasi nya berjaya dalam waktu yang lama, betul??

Dalam menggunakan database, pastikan agan make type data yang sesuai, benar-benar sesuai. Tujuan nya supaya penggunaan memory pada server sesuai dengan keadaan sebenarnya, alias balance agar tidak terlalu boros memory dan lebih ringan.

Jadi begini gan, perbedaan varchar dan text, terletak pada memory yang di gunakan. begini gan.. Misalnya agan membuat sebuah tabel, salah satu entitasnya memiliki type data varchar(25)(25 adalah batasan panjang atau banyaknya karakter dalam value), kemudian agan meng-inputkan data dengan panjang kurang dari 25, misalnya 7. Maka data yang di simpan ke database adalah hanya 7. Berbeda dengan text, jika agan punya entitas dengan type data text(50) kemudian agan meng-inputkan data dengan panjang data misalnya 5, maka yang di simpan pada memory bukan 5, melainkan sesuai dengan batasannya, yaitu 50. Jadi pada type data "text" blank space, atau lahan kosong akan di anggap sebagai value yang akan ikut di simpan ke database. Merugikan bukan?

Jadi kalo di ibaratkan dalam kehidupan nyata, type data TEXT itu kaya agan kalo bayar kosan per-bulan, meskipun agan nginep di kosan cuma 7 hari, tetep aja bayarnya di hitung sebualan.. Berbeda dengan VARCHAR, jika di ibaratkan dalam kehidupan sehari-hari VARCHAR itu seperti agan kalo lagi beli sesuatu, yang apabila agan ngambil 2, maka bayarnyapun 2..

Semoga ini jadi pengetahuan baru buat agan, apabila ternyata artikel ane salah, silahkan ralat di komentar, dengan senang hati ane update artikelnya gan.. Wassalaamm :D

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll